Jumat, 29 Oktober 2010

topik khusus WEB enginnering Non-linear (tidak berurutan), Disorientation (Hilang Orientasi), Cognitive Overload (Overhead Kognitif)

Non-linear (tidak berurutan)

● hypertext yang tidak memiliki script dalam satu urutan tetap karna dalam bagian-bagian tertentu bisa merujuk ke bagian lain secara tidak sekuen sesuai dengan alamat rujukan yang diberikan. Artinya link-linknya yang tidak berurutan.

Disorientation (Hilang Orientasi)

● Situasi dimana pengguna user kehilangn arah dalam aplikasi yang tidak non-linear dan menjadi tidak pasti di lokasi user sekarang berada dalam aplikasi. Hal ini membuat user merasa kebingungan dengan aplikasi itu.

Kaedah mengatasi:

– Hadkan bilangan pautan (links)

– Gunakan penunjuk lokasi visual, peta global atau tempatan dan sebagainya

– Adakan fungsi-fungsi menu seperti kembali ke ‘home’ atau halaman menu utama dan automatic backtracking (kembali secara otomatis)

Cognitive Overload (Overhead Kognitif)

● cognitive overload: Masalah yang selalu dikaitkan dengan penggunaan hypertext yang timbul apabila pengguna dipersembahkan dengan terlalu banyak bilangan pilihan atau links dalam sesuatu halaman, akibatnya pengguna atau user jadi keliru link mana yang harus diikuti dan mungkin akan membawa kepada rasa kurang senang kepada user untuk meneruskan atau menggunakan aplikasi web tersebut.

Hal ini dapat dikurangi dengan:

– Sediakan glossary bagi istilah-istilah yang teknikal

– Guna tetingkap pop-up untuk glossary, fungsi help, dll

– Kurangkan bilangan hypertext dalam sesuatu nod

Tidak ada komentar:

Posting Komentar